Selasa, 12 April 2011

Warung Makan Nasi Gandul Kuliner Khas Pati Jateng Bu Endang

Bagi anda yang tidak mengenal kuliner nasi gandul ini memang cukup mengherankan apa sih nasi gandul itu. Nasi gandul merupakan kuliner khas tradisional Jawa Tengah khususnya kota pati.

Kuliner Nasi gandul adalah kuliner sejenis nasi pindang hanya saja dalam penyajianya dipakai daun pisang untuk alasnya. Nasi gandul bisa disajikan dengan lauk pauk yang berbeda. Bisa bergedel, tempe, lidah sapi, usus sapi, daging sapi, paru sapi, hati sapi, dll, kemudian diberi tambahan bumbu kecap manis-pedas. Kadar yang cukup tinggi dari lemak yang ada di "jeroan" atau "bagian dalam perut sapi" memberikan rasa yang lezat namun berkolesterol tinggi.

Di jakarta, ada sebuah warung makan yang menawarkan kuliner nasi gandul ini, namanya warung makan nasi gandul bu endang dengan ciri khas kuliner nasi gandul yang tidak hilang walaupun disediakan di jakarta ini. Meskipun kuahnya lebih cair daripada aslinya, dengan alasan orang jakarta tidak terlalu menyukai rasa manis yang kental. Selain itu pula ada kuliner pendamping nasi gandul ini yaitu tempe goreng, empal daging sapi, jeroan, perkedel, bakwan jagung, tahu bacem dan tempe bacem.

Warung makan nasi gandul ini terletak di jalan Pesanggrahan no. 13 Meruya illir, kebon jeruk, dengan harga kuliner yang ditawarkan mulai dari harga 5.000 rupiah sampai dengan 20.000 rupiah dengan jam bukan dari jam 11.00 sampai jam 21.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar